Rahbar: Semua Harus Membela Palestina

Rahbar atau Pemimpin Besar Revolusi Islam Ayatullah al-Udzma Khamenei  dalam pertemuan dengan Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa dan rombongan mengapresiasi keberhasilan pemerintah Sri Lanka dalam mengatasi berbagai kesulitan dalam negerinya. Lebih lanjut Pemimpin Besar Revolusi Islam memuji sikap pemerintah Sri Lanka yang aktif membela Palestina. “Bangsa Palestina adalah bangsa yang ditindas dari segala penjuru. Bangsa ini menghadapi musuh bengis bernama Israel yang didukung penuh oleh Amerika Serikat (AS). Rezim ini menggunakan semua sarana dan prasarana yang ada untuk menistakan hak-hak bangsa Palestina,” tegas beliau.

Ayatullah al-Udzma Khamenei menambahkan, “Semua orang yang punya kedudukan dan kekuasaan di negara masing-masing hendaknya memainkan peran aktif dalam membela bangsa Palestina.”

Rahbar optimis kunjungan Presiden Sri Lanka ke Teheran akan menghasilkan peningkatan hubungan bilateral kedua negara di semua bidang.

Dalam pertemuan itu yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Islam Iran, Mohammad Reza Rahimi, Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa mengatakan, “Kami telah mulai membuka persahabatan dengan bangsa Palestina sejak lama. Di forum internasioanl kami juga selalu menyuarakan pembelaan untuk bangsa Palestina dan kami bangga dengan pembelaan ini.”


Meshal: Siapa Bilang Palestina Harus Dibagi Dua?

Ketua Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas), Khaled Meshal, menyatakan pihaknya tidak akan pernah menerima solusi dua pemerintahan di Palestina.

Pernyataan itu dikemukakan Meshal dalam mereaksi pernyataan terbaru Pemimpin Otorita Ramallah, Mahmoud Abbas, yang mendukung pembentukan dua pemerintahan guna menyelesaikan krisis politik di Palestina.

“Hamas tidak akan menyetujui usulan tersebut dan kelompok muqawamah ini tidak pernah memberikan komitmen apapun kepada para pemimpin Arab dalam masalah ini,” kata Meshal.

Meshal menegaskan, “Hamas hanya mendukung pembentukan pemerintahan Palestina hingga perbatasan tahun 1967 dan dengan kedaulatan penuh serta hak kembalinya para pengungsi Palestina.”

Sebelumnya, Mahmoud Abbas mengklaim bahwa Meshal kepada sejumlah negara Arab menyetujui pembentukan dua pemerintahan di Palestina.


Haniyah: Arab! Cepatlah Beraksi!

Setelah menyerukan demonstrasi akbar di seluruh wilayah Palestina, Perdana Menteri Ismail Haniyah, menyampaikan pidatonya melalui video konferensi. Haniyah mengutuk serangan beringas militer Israel terhadap konvoi Freedom Flotilla tersebut. Haniyah menilai serangan tersebut bukti ketidakpedulian Israel terhadap nilai-nilai kemanusiaan apapun.

Ditujukannya kepada negara-negara Arab, Haniyah meminta mereka segera beraksi dan tidak hanya menonton.

“Kalian telah menggelar berbagai perundingan dan dialog dengan rezim Zionis Israel untuk membangun kembali infrastruktur di Jalur Gaza. Namun upaya kalian hanya sebatas statemen belaka. Kini saatnya kalian segera beraksi.”

Haniyah menuntut negara-negara Arab mengusir para dubes dan diplomat Israel dari negara mereka.

Di sisi lain, Haniyah juga menuntut Dewan Keamanan PBB segera menggelar sidang darurat guna membahas serangan rezim Zionis terhadap konvoi kapal bantuan kemanusiaan Freedom Flotilla.


Yahudi Eropa Peringatkan Israel

Ribuan orang Yahudi Eropa termasuk sejumlah anggota parlemen Uni Eropa telah menandatangani petisi peringatan terhadap dukungan sistematis untuk anti kebijakan rezim Zionis Israel.

Petisi yang rencananya diserahkan kepada parlemen Eropa itu ditandatangani oleh lebih dari 3.000 orang Yahudi Eropa termasuk filosof terkenal Perancis, Bernard-Henri Levy dan Alain Finkielkraut.

Pemimpin Kelompok Hijau di Parlemen Eropa, Daniel Cohn-Bendit dan Sejarawan Yahudi, Zeev Sternhel juga menentang kebijakan rezim Zionis Israel.

Daniel Cohn dan Sternhel, melancarkan kritikan keras terhadap kebijakan Israel saat ini dan meminta pejabat Tel Aviv untuk berpikir logis, demikian rilis AFP.

Pendukung kelompok yang dijuluki Jcall, mengusung isu tentang kebijakan dalam dan luar negeri Israel terutama proyek permukiman Zionis di tanah Palestina.

“Kebijakan-kebijakan Zionis secara moral dan politik keliru,” bunyi petisi tersebut.

Ketua Komunitas Yahudi di Belgia sekaligus salah satu penandatangan petisi itu, Michele Szwarcburt mengkritik kelanjutan proyek permukiman Zionis di Baitul Maqdis Timur. Ia menilai kebijakan itu membahayakan perdamaian.


Sekjen PBB Puji Pidato Ahmadinejad

Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon menilai pidato Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad pada sidang revisi Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT) bermanfaat dan konstruktif.

Ban Ki-moon,  dalam pertemuannya dengan Ahmadinejad di New York, selain mengapresiasi kehadiran Presiden Iran dalam konferensi tersebut, juga menilai konstruktif pidato yang disampaikan Ahmadinejad.

Ban Ki-moon kepada Presiden Iran, mengatakan, “Kehadiran Anda dalam konferensi ini penting dan bukti bahwa Iran menaruh perhatian khusus terhadap penyelesaian masalah-masalah global.”

Pada kesempatan itu, Sekjen PBB berharap perundingan Iran dengan Kelompok 5+1 dapat menjadi solusi atas berbagai masalah yang ada.

Ahmadinejad juga menegaskan kesiapan Teheran untuk terus berperan positif dan konstruktif guna memulai kembali perundingan yang sempat terhenti tentang pertukaran bahan bakar nuklir. Selain itu, Ahmadinejad menandaskan kesiapan Iran untuk menjalin interaksi dan kerjasama dengan Uni Eropa dalam berbagai bidang.

PUISI UNTUK GAZA

Hanya lihat

dan pasang mata

Hanya marah

dan merah mata

Hanya sedih

dan air mata

Hanya doa

dan perih mata

Hanya pekik

dan sorot mata

Hanya malu

dan tutup mata

Hanya aksara

dan tinta

Hanya suara

dan kata

Hanya simpati

dan cinta

Maafkan kami, GAZA

(Dari buku “GELEGAR GAZA : Denyut Perlawanan Palestina”)

  1. org palestina dibantai dg rudal. org indo dibantai dg lapangan krja yg sempit, harga kebutuhan hdup yg selangit dll. apa beda nya nasib kita dg mrk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: