Mahfud MD Sebut Keadilan masih Jadi Komoditas

Mantan Ketua MK Mahfud MD menegaskan, sampai dengan saat ini keadilan di Indonesia masih menjadi komoditas.

Dimana-mana keadilan di Indonesia masih menjadi komoditas, baik itu komoditas politik maupun komoditas ekonomi. Fakta ini juga menjangkiti para penegak hukum di Indonesia.

“Di mana-mana terjadi mafia hukum, hukum bisa diperjualbelikan dan seterusnya,” ujarnya  saat tampil sebagai pembicara dalam Forum Rektor di Kampus Universitas Udayana Denpasar.

Mahfud sendiri mensharingkan pengalamannya selama menjadi Ketua MK dan pernah menangani kasus-kasus mafia hukum seperti kasus Anggoro dan Anggodo.

“Kasus yang sama ini sampai saat ini terus terjadi,” ujarnya.

Secara ekonomi juga Indonesia masih terjajah sekali pun Indonesia ini sudah merdeka. Bila Bank Dunia mematok kalau orang miskin adalah mereka yang tidak bisa belanja 2 dolar per hari, sesungguhnya masih ada banyak orang Indonesia yang miskin.

Jutaan orang Indonesia yang sampai saat ini masih berpenghasilan rendah juga banyak dan bahkan berada di bawah Rp500 ribu per bulan. Ada banyak program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan tetapi semuanya tidak maju-maju.

Penyebabnya adalah tidak ada kemauan baik dari pengambil kebijakan dan juga banyak pembiayaan program tersebut dikorupsi ataupun diperuntukkan secara salah karena kualitas para pengambil kebijakan masih sangat rendah.

“Salah satu contoh, rencana pemerintah untuk menaikkan BBM, sengaja diulur-ulur. Sekalipun sudah ketuk palu di Senayan, tetapi pemerintah tidak kunjung ambil keputusan. Akibatnya, para spekulan bermain gila-gilaan, banyak harga naik, masyarakat akan semakin miskin,” ujarnya.

Menurut Mahfud, ada tiga hal penting yang menjadi landasan untuk melakukan tugas pemerintahan yaitu kepemimpinan yang efektif, pengambilan keputusan yang cermat, cepat, tepat, serta penetapan prioritas kebijakan.

“Melalui rapat-rapat dan kajian akademis kita bisa dengan mudah merumuskan prioritas kebijakan. Tetapi yang terasa selama ini adalah kurangnya pemimpin yang efektif serta lambannya pengambilan keputusan,” ujarnya.

 

Iran-Lebanon Menentang Pengiriman Senjata ke Militan Suriah

Iran dan Lebanon menyerukan penghentian pengiriman senjata ke militan di Suriah, mengatakan bahwa itu tidak akan menyelesaikan krisis yang sedang berlangsung tetapi hanya akan meningkatkan kekerasan di negara Arab tersebut.

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi dan rekannya dari Lebanon Adnan Mansour, menyuarakan oposisi mereka terhadap penyaluran senjata ke Suriah saat konferensi pers bersama di Tehran, Press TV melaporkan.

Salehi mengatakan bahwa dukungan Barat terhadap militan di Suriah bertentangan dengan klaim mereka membela hak asasi manusia.

“Saya heran pada bagaimana Barat yang berbicara tentang pembelaan terhadap HAM bisa memberikan senjata kepada kanibal di Suriah untuk meningkatkan kanibalisme mereka,” ujarnya.

Dia mengkritik standar ganda negara-negara Barat dan menandaskan pembenaran mereka untuk mengirim senjata ke militan benar-benar tidak dapat diterima.

Salehi juga menegaskan bahwa Iran mendukung setiap pertemuan yang bertujuan untuk menyelesaikan kerusuhan Suriah dengan mempertimbangkan kepentingan nasional Suriah dan menolak campur tangan asing.

“Krisis yang sedang berlangsung di Suriah harus diselesaikan melalui solusi domestik. Rakyat Suriah harus menentukan nasib mereka sendiri,” tambahnya.

Di pihak lain, menlu Lebanon mengatakan kekacauan di Suriah akan menghancurkan negara dan ekonomi serta seluruh wilayah.

“Mengirim senjata kepada militan tidak akan melayani kepentingan rakyat, baik di Suriah maupun kawasan. Langkah ini hanya akan memperpanjang kekerasan di negara itu,” tambah Mansour.

 

Gaza Gantung Dua Mata-Mata Israel

Dua mata-mata rezim Zionis Israel dengan inisial Ain Ghain (49) dan Ha Kha (43) dituduh melakukan sejumlah kejahatan dan dieksekusi mati.

Menurut laporan, mengutip Kantor Berita Palestina Maan, pelaksana hukuman mati terhadap dua mata-mata Zionis Israel ini dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri Palestina.

 

Syeikh Al-Azhar Rilis Fatwa Demo Anti-Mursi

Ahmad Al-Tayyib, Syeikh Al-Azhar Mesir mengeluarkan fatwa membolehkan demonstrasi dan protes damai terhadap Presiden Muhamamd Mursi. Menurut rencana kelompok oposisi Mesir akan menggelar demonstrasi akbar menentang pemerintahan Mursi pada tanggal 30 Juni mendatang.

Masya Allah, Pemukim Zionis Lindas Anak Palestina

Seorang pemukim Zionis melindas seorang anak Palestina berusia 7 tahun di kota al-Khalil (Hebron), di Tepi Barat dengan mobilnya. Sementara itu, kondisi anak Palestina tersebut dilaporkan dalam keadaan kritis.

  SABDA-SABDA SAYYIDINA HASAN BIN ALI

                                                            Dengan Asma Allah yang Mahakasih dan Mahasayang

“Puncak kesadaran akal adalah bergaul dengan sebaik-baik pergaulan.”

“Ajarilah manusia tentang bidang ilmu yang kau kuasai.

Dan belajarlah dari selainmu, dengan demikian kamu membenahi ilmumu

atau justru mendapat ilmu baru yang belum engkau ketahui.”

 

“Aku tidak mengetahui seorang yang zalim (aniaya),

yang menyerupai seorang yang mazlum (dianiaya),

seperti (yang dialami oleh) seseorang yang hasud.”

 

“Barangsiapa yang cinta kepada dunia akan hilang

rasa takut pada akhirat dari hatinya.”

 

 “Kehancuran manusia ada dalam tiga perkara ; kesombongan,

Ketamakan serta sifat hasad (dengki).”

 

“Kesombongan menyebabkan hancurnya agama, dan karenanya iblis dilaknat.

Sedang rasa tamak adalah musuhnya jiwa. Dan hasad (dengki) adalah

pusat kejelekan yang karenanya Qabil membunuh Habil.”

 

“Kebaikan itu adalah ketika memberi tanpa didahului permintaan

dan tidak diikuti oleh ungkitan.”

 

“Banyak bercanda akan menghilangkan kewibawaan.

Dan kebanyakan orang yang berwibawa adalah yang pendiam.”

 

“Sebaik-baik kekayaan adalah qana’ah (rasa cukup),

dan seburuk-buruk kemiskinan adalah merendahkan diri.”

 

Dengan rahmat-Mu

Wahai Yang Paling Pengasih dari segala yang mengasihi

          Ya Arhamar Rahimin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: