Ramadhan Sebagai Madrasah Ruhaniah

 

sampul8Bulan Ramadhan, yang di dalamnya berbagai keutamaan dan kemuliaan yang tercurahkan, kini telah meninggalkan kita semua. Namun demikian, Ramadhan sebagai madrasah ruhaniah dalam mencerahkan diri, untuk melatih dan mengasah dimensi spiritualitas serta kemanusiaan, masih terasa menyisakan bekas pada diri kita. Karena sesungguhnya kita semua berharap bahwa tempaan satu bulan lamanya di bulan Ramadhan, tidak lewat begitu saja secara sia-sia, melainkan dapat memberi arti dan makna bagi setiap diri yang dengan tulus dan ikhlas menjalani perintah amaliah di bulan suci tersebut. Sehingga saat memasuki fajar 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri, ia betul-betul sampai pada hakikat kemenangan sesungguhnya, kembali pada fitrah kemanusiaan yaitu “kesucian”. Dizaman dunia yang semakin materialistik sekarang ini, fitrah kemanusiaan tidak lagi menjadi perhatian utama umat manusia, bahkan seringkali mulai tercerabut dari diri kebanyakan orang. Itulah sebabnya Dr. Benyamin E. Mays -yang ketika itu menjabat sebagai rektor Morehouse College Georgia -pernah berkata, “kita memiliki orang-orang terdidik, sarjana-sarjana dan lulusan perguruan tinggi, namun kemanusiaan kita adalah kemanusiaan yang berpenyakit, yang kita butuhkan bukan lagi pengetahuan, karena itu sudah kita miliki, tetapi kemanusiaan kita sedang membutuhkan sesuatu yang bersifat spiritual.” Dan memang seluruh ajaran Islam dimaksudkan untuk mensucikan manusia, yakni menampilkan kembali sifat kemanusiaan mereka. Semoga dengan percikan cahaya Ramadhan, dapat senantiasa mengantarkan sisi kemanusiaan kita menuju hakikat ilahiah. Minal Aidin Wal Faidzin Maaf Lahir dan Bathin.

Wassalam

Posted on 23 Februari 2009, in Tim Redaksi and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. ya..sepertinya jika kita memang kita mencintai agama ini, kita harus banyak2 mempelajarinya..sehingga islam yg tampak keluar bukan wajah kekerasan, akan tetapi ajaran yg membawa kedamaian dan kebahagiaan..karena pada hakikatnya memang Islam adalah adalah ajaran kedamaian dan kebahagiaan..

    Allah telah memberi kita akal pikiran, semestinya kita mempergunakan karunia ini untuk bisa memahami islam dengan baik..sehingga akan memberi kebahagiaan pada diri kita dan memberi manfaat buat orang-orang di sekitar kita..we love Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: